Siapa yang tidak kenal Yamaha R25, motor sport kelas
250cc yang sangat di tunggu kehadirannya di tahun 2014. Lalu bagai mana dengan
Yamaha FZR250 3LN, pasti banyak yang tidak tahu tentang motor ini.
Yamaha R25 adalah motor sport keluaran tahun 2014
dengan mesin berkapasitas 250 cc, 2 silinder, 4 langkah, 8 katup DOHC serta
dilengkapi pendingin cair dengan sistem transmisi 6 percepatan. Dengan mesin
tersebut, Yamaha R25 mampu menghempaskan output tenaga sebesar 36 PS pada
putara 12.000 rpm serta torsi puncak hingga 22,1 Nm pada putaran 10.000 rpm dan
apabila dibandingkan dengan motor sekelas yang ada di tanah air seperti Ninja
250 dan Honda CBR250R, R25 memiliki tenaga yang paling besar.
Berikut spesifikasi Yamaha R25.
Spesifikasi Yamaha R25
|
||
Dimensi
|
||
P x L x T
|
:
|
2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
|
Jarak sumbu roda
|
:
|
1.380 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
:
|
160 mm
|
Tinggi tempat duduk
|
:
|
780 mm
|
Berat isi
|
:
|
166 kg
|
Kapasitas tangki bensin
|
:
|
14,3 L
|
Rangka
|
||
Tipe Rangka
|
:
|
Diamond
|
Suspensi Depan
|
:
|
Teleskopik
|
Suspensi Belakang
|
:
|
Swing Arm
|
Ban Depan
|
:
|
110/70 – 17 M/C
|
Ban Belakang
|
:
|
140/70 – 17 M/C
|
Rem Depan
|
:
|
Cakram hidrolik, piston ganda
|
Rem Belakang
|
:
|
Cakram hidrolik, piston tunggal
|
Mesin
|
||
Tipe mesin
|
:
|
4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
|
Jumlah / posisi silinder
|
:
|
2 Silinder / Tegak
|
Bore x stroke
|
:
|
60,0 x 44,7 mm
|
Perbandingan kompresi
|
:
|
11,6 : 1
|
Daya maksimum
|
:
|
27,2 kW (36Ps) / 12.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
:
|
23,2 Nm / 10.000 rpm
|
Sistem starter
|
:
|
Electric Starter
|
Sistem pelumasan
|
:
|
Basah
|
Kapasitas oli mesin
|
:
|
Total = 2,40 L ;
|
Sistem bahan bakar
|
:
|
Fuel Injection System
|
Tipe kopling
|
:
|
Basah, kopling manual, multiplat
|
Tipe transmisi
|
:
|
Return 6 kecepatan
|
Pola pengoperasian transmisi
|
:
|
1-N-2-3-4-5-6
|
Kelistrikan
|
||
Sistem Pengapian
|
:
|
TCI
|
Battery
|
:
|
GT28V (MF Battery 7Ah)
|
Tipe Busi
|
:
|
CR 93 (NGK)
|
Sedangkan Yamaha FZR250 3LN adalah motor keluran tahun
80 dan terakhir di produksi tahun 1994 dengan mesin berkapasitas 250 cc, 4
silinder, 4 langkah, 16 katup DOHC serta dilengkapi pendingin cair dengan
sistem transmisi 6 percepatan.
Berikut spesifikasi Yamaha FZR250 3LN
Spesifikasi Yamaha FZR250
|
||
Dimensi
|
||
P x L x T
|
:
|
1990 mm x 685 mm x 1.100 mm
|
Jarak sumbu roda
|
:
|
1.375 mm
|
Jarak terendah ke tanah
|
:
|
140 mm
|
Tinggi tempat duduk
|
:
|
735 mm
|
Berat isi
|
:
|
166 kg
|
Kapasitas tangki bensin
|
:
|
16,8 L
|
Rangka
|
||
Tipe Rangka
|
:
|
Deltabox
|
Suspensi Depan
|
:
|
Teleskopik
|
Suspensi Belakang
|
:
|
Swing Arm
|
Ban Depan
|
:
|
100/80 – 17 M/C
|
Ban Belakang
|
:
|
130/70 – 17 M/C
|
Rem Depan
|
:
|
Cakram hidrolik, dual Disk 4 piston
|
Rem Belakang
|
:
|
Cakram hidrolik, piston tunggal
|
Mesin
|
||
Tipe mesin
|
:
|
4 langkah, 16 Valve DOHC Berpendingin cairan
|
Jumlah / posisi silinder
|
:
|
Paraler segari 4 silinder
|
Bore x stroke
|
:
|
48mm x 34,5 mm
|
Perbandingan kompresi
|
:
|
12 : 1
|
Daya maksimum
|
:
|
29,4 kW (39,98Ps) / 14.000 rpm
|
Torsi maksimum
|
:
|
25,5 Nm / 10.000 rpm
|
Sistem starter
|
:
|
Electric Starter
|
Sistem pelumasan
|
:
|
Basah
|
Kapasitas oli mesin
|
:
|
Total = 2,2L
|
Sistem bahan bakar
|
:
|
|
Tipe kopling
|
:
|
Basah, kopling manual, multiple-disc
|
Tipe transmisi
|
:
|
Return 6 kecepatan
|
Pola pengoperasian transmisi
|
:
|
1-N-2-3-4-5-6
|
Kelistrikan
|
||
Sistem Pengapian
|
:
|
CDI
|
Tipe Busi
|
:
|
NGK CR8E
|
Dilihat dari desain Yamaha R25 jauh lebih menarik dengan
bentuk kepala sepirti hiu dan ekor meruncing ala Moto GP. Sedangakan Yamaha
FZR250 memiliki desain garang dengan ekor kotak kotak dan masih terdapat unsur
classic. Dari segi sasis FZR250 lebih unggul dengan deltabox sementara R25
masih menggunakan tipe diamond. Deri segi berat kedua motor ini memiliki berat
yang sama yaitu 166kg
Ditinjau dari segi mesin, kedua motor ini sangat
berbeda jauh. Yamah FZR250 menganut
mesin 4 selinder paraler segaris di mana posisi rantai keteng berada di tengah
serta masih menggunakan karburator sebagai system pengkabutan bahan bakarnya,
sedangkan Yamaha R25 menganut mesin 2 silinder segaris dengan posisi rantai
keteng di sebelah kiri serta sudah Full Injeksi dan sudah menyematkan forged
piston serta diasil cylinder pada ruang bakarnya. Untuk suara yang dihasilkan
dari kedua tipe mesin tersebut sudah jelas FZR250 memiliki raungan mesin yang
luar biasa apalagi putaran mesin yang
mencapai 18.000 RPM
Di tinjau dari segi kosumsi bahan bakar Yamaha FZR250 dengan
mesin 4 silindernya mampu menempuh 51 km/liter dengan kecepatan normal 50 kph sedangkan
Yamaha R25 sudah menggunakan sintem full injeksi bisa di pastikan lebih irit
dari FZR250 apalagi dengan jumlah selinder yang lebih sedikit.
Untuk Top Speed Yamah R25 mampu tembus 176 km/jam
sedangkan Yamaha FZR250 mampu melaju dari 0 – 100km/jam dalam waktu 6 detik dan
top speednya tembus 190 km/jam.
Kesimpulannya dari kedua motor tersebut memang sang
kakak FZR250 lebih unggul dalam segi kecepatan, jumlah piston dan sasis tetapi
sang adik R25 lebih unggul dalam desain, daya tahan mesin dan teknologi.
Informasi FZR 250 nya ada sedikit kesalahan bro,
BalasHapusRem depan = hydraulic dual disk 8 piston ( 4 piston / kaliper)
Rem belakang = hydraulic single disk 2 piston ( satu kaliper dan dua piston kiri/kanan)
Saya bisa tunjukkan potonya kalau di perlukan
Tunjukin photobya anjing
BalasHapussaya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong
BalasHapussaya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong
BalasHapussaya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong
BalasHapussaya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong
BalasHapussaya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong
BalasHapusHello
BalasHapus