/*-------------------------------------------- Star Kode program Teks Bilah Atas --------------------------------------------*/
/*---------And--Kode program Teks Bilah Atas----------*/

Senin, 26 Mei 2014

Yamaha R25 VS Yamaha FZR250




Siapa yang tidak kenal Yamaha R25, motor sport kelas 250cc yang sangat di tunggu kehadirannya di tahun 2014. Lalu bagai mana dengan Yamaha FZR250 3LN, pasti banyak yang tidak tahu tentang motor ini.

 

Yamaha R25 adalah motor sport keluaran tahun 2014 dengan mesin berkapasitas 250 cc, 2 silinder, 4 langkah, 8 katup DOHC serta dilengkapi pendingin cair dengan sistem transmisi 6 percepatan. Dengan mesin tersebut, Yamaha R25 mampu menghempaskan output tenaga sebesar 36 PS pada putara 12.000 rpm serta torsi puncak hingga 22,1 Nm pada putaran 10.000 rpm dan apabila dibandingkan dengan motor sekelas yang ada di tanah air seperti Ninja 250 dan Honda CBR250R, R25 memiliki tenaga yang paling besar. 

Berikut spesifikasi Yamaha R25.
Spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T
:
2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda
:
1.380 mm
Jarak terendah ke tanah
:
160 mm
Tinggi tempat duduk
:
780 mm
Berat isi
:
166 kg
Kapasitas tangki bensin
:
14,3 L
Rangka
Tipe Rangka
:
Diamond
Suspensi Depan
:
Teleskopik
Suspensi Belakang
:
Swing Arm
Ban Depan
:
110/70 – 17 M/C
Ban Belakang
:
140/70 – 17 M/C
Rem Depan
:
Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang
:
Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin
:
4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder
:
2 Silinder / Tegak
Bore x stroke
:
60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi
:
11,6 : 1
Daya maksimum
:
27,2 kW (36Ps) / 12.000 rpm
Torsi maksimum
:
23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter
:
Electric Starter
Sistem pelumasan
:
Basah
Kapasitas oli mesin
:
Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar
:
Fuel Injection System
Tipe kopling
:
Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi
:
Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi
:
1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian
:
TCI
Battery
:
GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi
:
CR 93 (NGK)



Sedangkan Yamaha FZR250 3LN adalah motor keluran tahun 80 dan terakhir di produksi tahun 1994 dengan mesin berkapasitas 250 cc, 4 silinder, 4 langkah, 16 katup DOHC serta dilengkapi pendingin cair dengan sistem transmisi 6 percepatan.
Berikut spesifikasi Yamaha FZR250 3LN
Spesifikasi Yamaha FZR250
Dimensi
P x L x T
:
1990 mm x 685 mm x 1.100 mm
Jarak sumbu roda
:
1.375 mm
Jarak terendah ke tanah
:
140 mm
Tinggi tempat duduk
:
735 mm
Berat isi
:
166 kg
Kapasitas tangki bensin
:
16,8 L
Rangka
Tipe Rangka
:
Deltabox
Suspensi Depan
:
Teleskopik
Suspensi Belakang
:
Swing Arm
Ban Depan
:
100/80 – 17 M/C
Ban Belakang
:
130/70 – 17 M/C
Rem Depan
:
Cakram hidrolik, dual Disk 4 piston
Rem Belakang
:
Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin
:
4 langkah, 16 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder
:
Paraler segari 4 silinder
Bore x stroke
:
48mm x 34,5 mm
Perbandingan kompresi
:
12 : 1
Daya maksimum
:
29,4 kW (39,98Ps) / 14.000 rpm
Torsi maksimum
:
25,5 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter
:
Electric Starter
Sistem pelumasan
:
Basah
Kapasitas oli mesin
:
Total = 2,2L
Sistem bahan bakar
:
Karburator mikuni BDST28/4
Tipe kopling
:
Basah, kopling manual, multiple-disc
Tipe transmisi
:
Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi
:
1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian
:
CDI
Tipe Busi
:
NGK CR8E


Dilihat dari desain Yamaha R25 jauh lebih menarik dengan bentuk kepala sepirti hiu dan ekor meruncing ala Moto GP. Sedangakan Yamaha FZR250 memiliki desain garang dengan ekor kotak kotak dan masih terdapat unsur classic. Dari segi sasis FZR250 lebih unggul dengan deltabox sementara R25 masih menggunakan tipe diamond. Deri segi berat kedua motor ini memiliki berat yang sama yaitu 166kg

 


Ditinjau dari segi mesin, kedua motor ini sangat berbeda jauh. Yamah FZR250  menganut mesin 4 selinder paraler segaris di mana posisi rantai keteng berada di tengah serta masih menggunakan karburator sebagai system pengkabutan bahan bakarnya, sedangkan Yamaha R25 menganut mesin 2 silinder segaris dengan posisi rantai keteng di sebelah kiri serta sudah Full Injeksi dan sudah menyematkan forged piston serta diasil cylinder pada ruang bakarnya. Untuk suara yang dihasilkan dari kedua tipe mesin tersebut sudah jelas FZR250 memiliki raungan mesin yang luar biasa  apalagi putaran mesin yang mencapai 18.000 RPM

Di tinjau dari segi kosumsi bahan bakar Yamaha FZR250 dengan mesin 4 silindernya mampu menempuh 51 km/liter dengan kecepatan normal 50 kph sedangkan Yamaha R25 sudah menggunakan sintem full injeksi bisa di pastikan lebih irit dari FZR250 apalagi dengan jumlah selinder yang lebih sedikit.

Untuk Top Speed Yamah R25 mampu tembus 176 km/jam sedangkan Yamaha FZR250 mampu melaju dari 0 – 100km/jam dalam waktu 6 detik dan top speednya tembus 190 km/jam.
Kesimpulannya dari kedua motor tersebut memang sang kakak FZR250 lebih unggul dalam segi kecepatan, jumlah piston dan sasis tetapi sang adik R25 lebih unggul dalam desain, daya tahan mesin dan teknologi.
 

8 komentar:

  1. Informasi FZR 250 nya ada sedikit kesalahan bro,
    Rem depan = hydraulic dual disk 8 piston ( 4 piston / kaliper)
    Rem belakang = hydraulic single disk 2 piston ( satu kaliper dan dua piston kiri/kanan)
    Saya bisa tunjukkan potonya kalau di perlukan

    BalasHapus
  2. saya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong

    BalasHapus
  3. saya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong

    BalasHapus
  4. saya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong

    BalasHapus
  5. saya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong

    BalasHapus
  6. saya hanya membenarkan info yg salah. kenapa ada yg menggonggong

    BalasHapus